Blogroll

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pages

About

Thursday, October 17, 2013

Sejarah Penyebaran Islam di Tajikistan

Tajikistan adalah sebuah negara kecil dengan luas daratan sekitar 143.100 km ².



Wilayah Tajikistan berbatasan langsung dengan Cina (timur), Uzbekistan (barat), Afghanistan (selatan), dan Kyrgyzstan (utara).

Dengan jumlah penduduk sekitar 7.320.000 orang pada tahun 2006, Tajikistan termasuk negara dengan kepadatan penduduk terendah di dunia.

Dushanbe menjadi ibu kota negara sejak tahun 1929, meskipun tidak ada perkembangan besar di kota tersebut sampai tiga puluh tahun terakhir.

Bahkan hingga sekarang Dushanbe lebih mirip sebuah desa pegunungan dibandingkan ibu kota, dengan mayoritas bangunan jarang mencapai lebih dari tiga lantai.

Republik Tajikistan yang sebelumnya bernama Republik Sosialis Soviet Tajik baru merdeka pada tahun 1991 seiring keruntuhan Uni Sovyet. Sebelum itu, Tajikistan merupakan bagian dari Uni Soviet.

Daerah yang kini menjadi Tajikistan telah dihuni selama setidaknya 6000 tahun, pertama oleh Persia, kemudian oleh Arab, dan akhirnya oleh bangsa Mongol.

Ketiga kerajaan tersebut umumnya menggunakan wilayah Tajikistan sebagai rute perdagangan alternatif dan menjadi salah satu pilihan tempat tinggal bagi penduduk kota yang sudah terlalu padat.

Di bawah kekuasaan Uni Soviet, Tajikistan menjadi salah satu negara bagian yang miskin dan kurang berkembang.

Bahkan setelah kemerdekaan pada tahun 1991, Tajikistan tidak kunjung bisa berkembang akibat perang saudara yang berlangsung selama hampir delapan tahun.

Tajikistan saat ini merupakan negara kesatuan dengan pemerintah pusat memiliki kontrol penuh untuk semua urusan kenegaraan.

Tajik adalah kelompok etnis utama di Tajikistan dengan sebagian besar penduduk mengikuti keyakinan Sunni Islam.

Sekitar sepuluh persen dari total populasi Tajikistan berasal dari Rusia atau keturunan Uzbekistan.

Persentase ini jauh lebih rendah dibandingkan sepuluh tahun yang lalu karena banyaknya anggota etnis tersebut pulang ke negara asalnya untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Pada tahun 2006, pendapatan per kapita Tajikistan hanya sebesar 1.388 dolar Amerika yang menempatkannya sebagai negara ke-156 termiskin di dunia, di belakang banyak negara Afrika.

Sebagai perbandingan, pendapatan per kapita Rusia berada di urutan ke-60 dan Belarus di tempat ke-72.

Industri utama Tajikistan meliputi aluminium dan kapas, tetapi sektor swasta masih kurang berkembang.

Negara ini masih tergantung pada bantuan asing untuk mempertahankan industri lokal.[]

0 comments:

Post a Comment